Perangkat Pembelajaran PJOK K13 Kelas 4 Semester 2 - Lengkap

Semester I telah bergulir, sekarang lanjut ke semester II, begitu juga dengan segala persiapan perangkat pembelajarannya. Perangkat pembelajaran yang meliputi Silabus, Prota, Promes, RPP, KKM maupun Soal per KD akan menjadi lebih mudah jika kita persiapkan sedini mungkin dalam memasuki semester II.

Dalam menyusun Perangkat Pembelajaran PJOK K13 Kelas 4 Semester 2 dibutuhkan ketelitian, supaya materi yang disampaikan tidak tumpang tindih. Pencapaian target SKL peserta didik dapat mempengaruhi tahapan materi ajar, dimana siswa harus bisa memahami apa yang sudah disampaikan dalam materi tersebut.

Membuat laporan autentik sehabis melaksanakan kegiatan di sekolah akan menambah kesibukan, maka anda mensiasati pekerjaan anda supaya lebih ringan. Salah satu nya dengan mencari contoh format Perangkat Pembelajaran PJOK K13 Kelas 4 Semester 2 sebagai bahan referensi.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar siswa, siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian KD. Pengalaman belajar yang dimaksud dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada siswa. Pengalaman belajar memuat kecakapan hidup yang perlu dikuasai siswa. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut. 

Download Perangkat Pembelajaran PJOK K13 Kelas 4 Semester 2 - Lengkap
Silabus

Prota (Program Tahunan)

Promes (Program Semester)

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)
Download : KKM Kelas 4 Semester 2

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Download : RPP PJOK Kelas 4 Semester 2
Pelajaran 5 : Variasi Pola Gerak Dasar Atletik

Pelajaran 6 : Senam Lantai
6.1 (Bertumpu)
6.2 (Bergantung)
6.3 (Keseimbangan)
6.4 (Berpindah Tempat)
6.5 (Tolakan)
6.6 (Putaran)
6.7 (Melayang)
6.8 (Mendarat)

Pelajaran 7 : Senam Irama
Senam Irama 01 (Pemanasan) 1
Senam Irama 01 (Pemanasan) 2
Senam Irama 01 (Pemanasan) 3
Senam Irama 02 (Gerakan Inti) 1
Senam Irama 02 (Gerakan Inti) 2
Senam Irama 03 (Pendinginan) 1
Senam Irama 03 (Pendinginan) 2
Senam Irama 03 (Pendinginan) 3

Pelajaran 8 : Renang Gaya Bebas
1. Gerak Dasar pada Renang Gaya Dada
2. Praktek Renang Gaya Dada

Pelajaran 9 : Kebugaran Jasmani
9.1 (Kelentukan)
9.2 (Kekuatan)
9.3 (Kecepatan)
9.4 (Kelincahan Keseimbangan)
9.5 (Daya Tahan)
9.6 (Praktek Gerak Gabungan)

Soal Per KD kelas 4
Pelajaran 5 : Variasi Pola Gerak dasar Atletik
Pelajaran 6 : Senam Lantai
Pelajaran 7 : Senam Irama
Pelajaran 8 : Renang Gaya Bebas
Pelajaran 9 : Kebugaran Jasmani


Perangkat Pembelajaran PJOK K13 Kelas 4 Semester 2 disusun untuk memberikan bantuan kepada para pendidik, khususnya guru, agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara profesional.
Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan manajerial yang dilakukan guru, agar siswa dapat melakukan kegiatan seperti pada silabus.
Kegiatan pembelajaran untuk setiap pertemuan merupakan skenario langkah-langkah guru dalam membuat siswa aktif belajar. Kegiatan ini diorganisasikan menjadi kegiatan: Pendahuluan, Inti, dan Penutup.

Semoga dengan adanya referensi Perangkat Pembelajaran PJOK K13 Kelas 4 Semester 2 dapat membantu Bapak/Ibu Guru PJOK dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Post a Comment

0 Comments