Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 4 SD Semester 2 K13 Revisi 2017 - Lengkap

Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar siswa, siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian KD. Pengalaman belajar yang dimaksud dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada siswa. Pengalaman belajar memuat kecakapan hidup yang perlu dikuasai siswa.

Dalam mempersiapkan Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 4 SD Semester 2 K13 Revisi 2017, sudah tentu Bapak/Ibu Guru harus mempersiapkan berbagai persiapan lanjutan. Persiapan lanjutan pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 ini dapat dijadikan bahan referensi Bapak/Ibu Guru kelas yang meliputi: 
  1. Silabus.
  2. Program Tahunan (Prota).
  3. Program Semester (Promes).
  4. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
  5. Analisis KI-KD.
  6. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), hingga 
  7. Cover/Sampul.
Berikut Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 4 SD Semester 2 K13 Revisi 2017
  1. Silabus Matematika Kelas 4 SD Semester 2 K13 Revisi 2017Silabus adalah rencana pembelajaran dalam suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus Matematika Kelas 4 SD semester 2 juga merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar kedalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
    Download Silabus Matematika Kelas 4 SD Semester 2 K13 Revisi 2017 Bab 7 sampai dengan Bab 12
    Silabus Matematika Kelas 4 SD Semester 2 K13 Revisi 2017 tersebut silahkan diubah sesuai dengan keadaan guru dalam mengajar baik dari segi kebahasaan maupun tehnik pembelajaran.
  2. Program Tahunan (Prota) Matematika Kelas 4 SD Semester 2 K13 Revisi 2017
    Program Tahunan (Prota) 
    merupakan Perangkat Pembelajaran yang wajib dimiliki oleh seorang guru untuk dijadikan acuan agar pelaksanakan pembelajaran di kelas dapat tercapai sesuai dengan rencana.
    Program Tahunan memuat: Mata Pelajaran, Satuan Pendidikan, Tahun Pelajaran, dan Kelas. Sedangkan dalam tabel terdiri dari Semester, Nomor, Kompetensi Dasar, Alokasi waktu dan Keterangan.
    Program Tahunan disusun oleh guru setiap awal tahun pelajaran, sebagai contoh disini kami berikan Program Tahunan Matematika kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 revisi 2017.
    Download Program Tahunan (Prota) Matematika Kelas 4 SD Semester 2 K13 Revisi 2017
  3. Program Semester (Promes) Matematika Kelas 4 SD Semester 2 K13 Revisi 2017
    Begitu juga dengan Program Semester (Promes) yang 
    merupakan Perangkat Pembelajaran yang wajib dimiliki oleh seorang guru untuk dijadikan acuan agar pelaksanakan pembelajaran di kelas dapat tercapai sesuai dengan rencana.
    Program Semester memuat: Memuat Nama sekolah, Kelas/Semester, Mata Pelajaran dan Bab, sedangkan dalam tabel terdiri dari Kompetensi Dasar, Indikator, Materi Pokok, Alokasi waktu dan tanggal pelaksanaan.
    Download Program Semester (Promes) Matematika Kelas 4 SD Semester 2 K13 Revisi 2017
    Bapak Ibu Guru, Program Tahunan dan Program Semester Matematika Kelas 4 SD Semester 2 K13 Revisi 2017 tersebut diatas silahkan diubah sesuai dengan keadaan guru dalam mengajar baik dari segi kebahasaan maupun tehnik pembelajaran.
  4. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Matematika Kelas 4 SD Semester 2 K13 Revisi 2017
    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 disusun berdasarkan Permendikbud Nomor : 22 Tahun 2016. Dimana dalam mata pelajaran Matematika untuk Kelas 4 sudah terpisah dengan Pembelajaran Tematik.
    Berikut Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Matematika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang dapat dijadikan bahan referensi dan silahkan diubah sesuai dengan keadaan guru dalam mengajar.
  5. Download RPP Matematika Bab 7 - Pembulatan Bilangan (4 Pertemuan)
    Download RPP Matematika Bab 8 - Segi banyak beraturan dan tidak beraturan (4 Pertemuan)
    Download RPP Matematika Bab 9 - Keliling dan Luas (4 Pertemuan)
    Download RPP Matematika Bab 10 - Hubungan Antar Garis (4 Pertemuan)
    Download RPP Matematika Bab 11 - Data dan Pengukuran (4 Pertemuan)
    Download RPP Matematika Bab 12 - Pengukuran sudut dengan busur derajat (6 Pertemuan)
  6. Analisis KI-KD
    Kompetensi Dasar adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh oleh peserta didik melalui pembelajaran.
    Kompetensi Dasar merupakan konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.
    Berikut Analisis KI-KD Matematika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang dapat dijadikan bahan referensi dan silahkan diubah sesuai dengan keadaan guru dalam mengajar.
  7. Download Analisis Keterkaitan SKL KI-KD
    Download Analisis KD
    Download Pemetaan KD dan Tehnik Penilaian
  8. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
    KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan. KKM harus ditetapkan diawal tahun ajaran atau awal tiap semester oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru mata pelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memiliki karakteristik yang hampir sama. Pertimbangan pendidik atau forum Guru secara akademis menjadi pertimbangan utama penetapan KKM.
    Analisis Alokasi Waktu Matematika adalah daftar persiapan guru untuk mengajar dikelas dalam menentukan waktu pelajaran, sehingga memudahkan guru untuk mempersiapkan pembelajaran dikelas.
    Bapak Ibu Guru, Berikut dibawah ini adalah KKM dan Analisis Alokasi Waktu Matematika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang dapat dijadikan bahan referensi.
  9. Download KKM/Penetapan KBM
    Download Analisis Alokasi Waktu
    Download Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi
  10. Cover/Sampul
    Bapak Ibu Guru Kelas 4, Kumpulan Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang telah kami bagikan diatas dapat dijadikan bahan referensi sesuai dengan keadaan kelas pada tiap-tiap satuan pendidikan. Cover atau sampul dapat dilakukan secara terpisah-pisah guna untuk mempermudah dan agar bagus dari segi tampilan setidaknya dapat dijadikan menjadi satu bagian.
  11. Download Cover/Sampul
Simak juga Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 5 SD Semester 2 K13 Revisi 2017 - Lengkap meliputi:
  1. Silabus.
  2. Program Tahunan (Prota).
  3. Program Semester (Promes).
  4. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
  5. Analisis KI-KD.
  6. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), hingga 
  7. Cover/Sampul.
Simak selengkapnya Perangkat Pembelajaran PJOK K13 Kelas 4 Semester 2 - Lengkap meliputi :
  1. Silabus.
  2. Program Tahunan (Prota).
  3. Program Semester (Promes).
  4. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
  5. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan
  6. Soal Per KD.

Post a Comment

1 Comments